Jalan Lapangan Nasional Kajen Kab. Pekalongan

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI
KALAU TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

JL. Lapangan Nasional Kajen
Kabupaten Pekalongan


Kamis, 14 Februari 2013

Pendidikan Karakter Anak Usia Dini


 PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI

Pengertian Karakter :
1.       Karakter adalah tabiat atau kebiasaan untuk melakukan hal yang baik.
2.       Nilai-nilaikarakteradalahsikapdanperilakuyangdidasarkan pada norma dan nilai yang berlaku di masyarakat, yang mencakup aspek spiritual, aspek personal/kepribadian,
aspek sosial, dan aspek lingkungan
3.       Pendidikan karakter adalah upaya penanaman nilai-nilai karakter kepada anak didik yang meliputi pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai kebaikan dan kebajikan, kepada Tuhan YME, diri sendiri, sesama, lingkungan maupun
kebangsaan agar menjadi manusia yang berakhlak


Tujuan khusus

a. Meningkatkan pengetahuan & pemahaman tenaga
kependidikan, pendidik, pengasuh, dan orang tua
tentang nilai-nilai karakter
b. Meningkatkan keterampitan .tellgga kependidikan,
pendidik pengasuh dan orang-tua mengenai cara
menanamkan nilai-nilai karakter
c. Meningkatkan keterampilan tenaga kependidikan,
pendidik, pengasuh dan orang tua mengenai cara
penilaian terhadap nilai-nilai karakter

Sasaran
Sasaran atau pengguna pedoman penanaman nilai-nilai  karakter di PAUD meliputi:
1. Tenaga Kependidikan Lembaga PAUD
2. Pendidik atau Guru anak usia dini
3. Pengasuh anak usia dini
4. Orang tua.


LANDASAN HUKUM

1.       Undang-Undang Nomor 23 Perlindungan Anak.
2.       .Undang-Undang Nomor 4  Kesejahteraan Anak.
3.       Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem       Pendidikan Nasional.
4.       Peraturan Pemerintah Nomor  19 Tahun 2005   tentang Standar Nasional Pendidikan
5.       Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor  58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.


ASPEK PENDIDIKAN KARAKTER PAUD
Nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat ditanamkan pada anak usia dini (0-6 tahun), mencakup empat aspek,yaitu:
1.         Aspek Spiritual,
2.         Aspek personal/kepribadian,
3.         Aspek Sosial, dan
4.         Aspek tingkungan.


Prinsip-prinsip pendidikan karakter
  1. Melalui contoh dan keteladanan
  2.  Dilakukan secara berkelanjutan
  3.  Menyeluruh, terintegrasi dalam seluruh aspek perkembangan
  4. Menciptakan suasana kasih sayang
  5. Aktif memotivasi anak
  6. Melibatkan pendidik dan tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
  7. Adanya penilaian


Kriteria Pendidik dan Tenaga Kependidikan Lembaga PAUD
Untuk melaksanakan pendidikan karakter ada beberapa prasyarat yang harus dimiliki seorang guru pendidik karakter yaitu:
  •  Pendidik menjadikan dirinya sebagai figur teladan yang berakhlak mulia, antara lain berbuat baik, santun, berprasangka baik, dan memiliki semangat.
  • Pendidik mengutamakan tujuan pengembangan karakter anak didiknya dalam penerapan proses pendidikan.
  •  Pendidik senantiasa mengadakan dialog terbuka secara bijak tentang isu-isu moral dengan anak didiknya, tentang bagaimana seharusnya menjalankan hidup, serta menjelaskan apa yang baik dan apa yang buruk.
  •  Pendidik menumbuhkan rasa empati anak, yaitu dengan mengajak anak merasakan apa yang dirasakan orang ' lain.
  • Pendidikmengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter  dalam berbagai aktivitas pembelajaran.
  • Pendidik menciptakan suasan lingkungan yang mendukung
  • Pendidik membangun serangkaian aktivitas penerapan nilai-nilai karakter di rumah, di lembaga PAUD, dan di masyarakat sekitarnya.

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER  PADA PAUD
Penerapan pendidikan karakter  pada paud :
    1. Perencanaan
    2. Pelaksanaan
    3. Penilaian

Perencanaan
  1. Mengenal dan memahami anak seutuhnya sesuai dengan tahapan perkembangan dan karakteristiknya, seperti:
        anak sebagai peneliti ulung,
        aktif gerak,
        pantang menyerah,
        maju tak pernah putus asa,
        terbuka,
        bersahabat, dan
        tak membedakan.
2. Nilai-nilai pendidikan karakter diterapkan menyatu dengan kegiatan inti proses belajar mengajar yang dilakukan dengan cara:
a. Memilih nilai-nilai karakter yang sesuai dengan tema dan judul kegiatan pembelajaran.
b. Menentukan indikator perkembangan nilai-nilai karakter, sesuai dengan tahap perkembangan anak
c.Menentukan jenis dan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan


Pelaksanaan
1. Kegiatan terprogram antara lain:
a. Menggali pemahaman anak untuk tiap-tiap nilaikarakter.
Kegiatan inibisa dilakukan melalui bercerita dan dialog yang dipandu oleh guru.
Misalnya untuk tema tanaman, guru dapat mengajukan pertanyaan terbuka tentang karakter yang bertanggung jawab dalam memelihara tanaman
 b.  Membangun penghayatan anak dengan melibatkan emosinya untuk menyadari pentingnya menerapkan nilai karakter (bertanggung jawab)   Mengajak anak untuk bersama-sama melakukan nilai-nilai karakter  yang    diceritakan.
2. Kegiatan pembiasaan  dilakukan melalui:
a. Kegiatan rutin lembaga PAUD, yaitu kegiatan yang  dilakukan di lembaga PAUD secara terus
     menerus dan konsisten setiap saat
b. Kegiatan spontan, yaitu kegiatan yang dilakukan secara langsung atau spontan pada saat itu juga
c. Keteladanan, yaitu kegiatan yang dapat ditiru dan  dijadikan panutan.
d. Pengkondisian, yaitu situasi dan kondisi lembaga PAUD sebagai pendukung kegiatan pendidikan
    karakter
e. Budaya lembaga PAUD, mencakup suasana kehidupan di lembaga pAUD yang mencerminkan
     komunikasiyang efektif dan produktif yang mengarah pada perbuatan baik dan interaksi
     sesamanya dengan sopan dan santun, kebersamaan, dan penuh

PENILAIAN

Tujuan penilaian adalah untuk mengetahui sejauh mana perubahan sikap dan prilaku anak-anak setelah mengikuti kegiatan di lembaga PAUD yang sarat dengan nilai nilai karakter.

Nilai-nilai dalam Pendidikan  Karakter AUD

RELIGIUS
       Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan.
       Belajar praktek kegiatan keagamaan   (Hari Jum’at).
       Pengumpulan dan pembagian Zakat fitrah (BIn Ramadhan)
        Pelaksanaan Kegiatan Qurban (Bulan Dzulhijah).
        Menyantuni anak yatim (Bulan Muharom )
 JUJUR
          Melatih kejujuran / kotak temuan
          Memberikan uang sekolah / tabungan kepada guru secara utuh
          Menyampaikan pesan dengan baik dan  benar

 TOLERANSI
          Berbicara pelan di dalam kelas
          Menggunakan alat permainan secara bergantian
          Saling membantu
          Mau berbagi
          Mau mendengarkan orang lain berbicara
          Sabar menunggu giliran
          Mau mengalah

DISIPLIN
A.Datang tepat waktu
  1. Jika terlambat melapor pada guru
  2. Jika berhalangan datang memberi tahu
  3. Mengembalikan alat/mainan setelah digunakan
  4. Memakai seragam sesuai jadwal
  5. Membawa bekal sesuai jadwal
  6. Tidak membawa uang selain untuk keperluan sekolah
  7. Membayar uang sekolah paling lambat tanggal 10 setiap bulannya

 KERJA KERAS
          Mengadakan kegiatan; lomba padi jeda  semester,PHBN.
          Menjadi petugas upacara
          Memimpin doa
          Membahas hasil karya pada akhir kegiatan
           
KREATIFITAS
·         Melukis dengan berbagai media
  • Melipat,meronce,menganyam
  • Membuat aneka mainan cari bahan bekas
·         MANDIRI
  • Masuk kelas sendiri
  • Melepas dan memakai sepatu sendiri
  • Melepas dan memakai baju sendiri
  • Mengambil alat sendiri
  • Makan sendiri
  • BAK  sendiri

DEMOKRATIS
          Berani mengungkapkan penaffiaan
          Mengambil keputusan bersama
          Bekerjasama
          Memilih kegiatan yang disenangi

RASA INGIN TAHU
          Berani bertanya
          Bereksperimen

SEMANGAT KEBANGSAAN
          Melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin
          Mengibarkan bendera di halaman sekolah setiap hari
          Memasang simbul-simbul kenegaraan
          Memutar lagu-lagu kebangsaan
          Memutar lagu-lagu dolanan Jawa
          Memasang bendera merah putih kecil  di meja guru setiap kelas
          Memajang foto pahlawan

CINTA TANAH AIR
          Setiap Kamis berbahasa Jawa
          Bermain Angklung
          Mengenal makanan khas Semarang (wingko babat, lompia, bandeng presto)      melalui kegiatan makan bersama


MENGHARGAI PRESTASI
          Memasang hasil karya anak
          Memberi reward untuk anak yang dapat   menyelesaikan tugas clengan baik dan  cepat
          Memberi Pin Garuda pada anak yang  datang pertama

BERSAHABAT/ BERKOMUNIKASI
          Berbicara dengan teman dan guru
          Memberi salam
          Bersikap ramah
          Tidak mengganggu teman
          Berbagi pengalaman melalui bercerita
CINTA DAMAI
          Mau membantu dan tolong menolong
          Saling menyayangi
          Tanggung Jawab
          Menyanyikan lagu yang berisi kasih  sayang
GEMAR MEMBACA
          Memasang Area Bahasa
          Mengunjungi Perpustakaan Sekolah
          Menyediakan bermacam-macam buku cerita
          Mengenal huruf dengan kartu huruf
          Memasang gambar yang ada tulisannya
          Mengenal tulisan melalui kegiatan
          Pesona pagi
PEDULI LINGKUNGAN
          Menyediakan tempat sampah
          Mernbuang sampah pada tempatnya
          Kerja bakti setiap hari Jum'at
          Merawat tanaman

PEDULI SOSIAL

       Memberikan sebagian bekal pada teman yang tidak membawa
       lnfaq setiap hari Jum'at
       Mengikuti Program Gemar Sedekah
       Menyantuni anak yatim
       Membantu masyarakat yang kena musibah

TANGGUNG JAWAB

          Melaksanakan tugas sampai selesai
          Menyiram bunga
          Mengembalikan alat setelah digunakan













Tidak ada komentar:

Posting Komentar