Jalan Lapangan Nasional Kajen Kab. Pekalongan

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI
KALAU TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

JL. Lapangan Nasional Kajen
Kabupaten Pekalongan


Selasa, 19 Februari 2013

Penilaian di Taman Kanak-Kanak


PENILAIAN DI TK
PENGERTIAN
                Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian  perkembangan anak ( Permendiknas No 58 2009 )
 Pengukuran lebih mengarah pada upaya mengetahui perkemb dengan cara mengukur yg bersifat kuantitatif
 Asesmen bukan untuk menget hasil belajar anak, tapi untuk merancang menu pemb yg dibutuhkan sesuai tahapan perkemb dan kebutuhannya.
 
TUJUAN PENILAIAN
Tujuan penilaian adalah untuk mengetahui dan menindaklanjuti pertumbuhan dan perkembangan yang dicapai peserta didik selama mengikuti pendidikan di TK
Fungsi Penilaian
1. Memberikan umpan balik kepada guru untuk menyempurnakan pembelajaran
2. Sebagai bahan Pertimbangan bagi guru untuk membimbing Perkembangan secara  optimal
3. Sabagai bahan Pertimbangan  bagi Guru untuk melakukan kegiatan bimbingan terhadap Anak  
    didik yang memerlukan perhatian khusus
4. Sebagai  bahan Pertimbangan bagi Guru untuk menempatkan anak dalam kegiatan yang sesuai
    dengan Minat & kebutuhan
5. Memberikan informasi kepada orang tua tentang Perkembangan yang telah dicapai oleh anak
    Didik sebagai bentuk pertanggung jawaban
6. Sebagai informsi kepada orang tua untuk menyesuaikan Pendidikan  Kelurga  dengan proses
    pembelajaran di TK
7. Sebagai bahan masukan bagi berbagai pihak dalam rangka Pembinaan terhadap anak didik

LINGKUP PENILAIAN
SELURUH ASPEK PERKEMBANGAN ANAK   :
          NILAI-NILAI AGAMA & MORAL
          MOTORIK
          KOGNITIF
          BAHASA
          SOSIAL EMOSI
Prinsip –prinsip Penilaian
1. Terencana
Penilaian dilakukan secara terencana sesuai dengan aspek perkembangan yang akan dinilai
2. Sistematis
Penilaian dilakukan secara teratur dan terprogram
3. Menyeluruh
Penilaian mencakup semua aspek perkembangan yg meliputi nilai nilai agama dan moral motorik,
kognitif, bahasa serta sosial emosional.
4. Berkesinambungan
Penilaian dilakukan  secara  terencana, bertahap dan terus menerus  untuk   memperoleh gambaran  tentang  pertumbuhan  dan  perkembangan peserta  didik.                               
5. Objektif
Penilaian dilaksanakan terhadap semua aspek perkembangan sebagaimana adanya
6. Mendidik
Proses dan hasil penilaian dapat dijadikan dasar untuk memotivasi dan mengembangkan anak didik secara optimal
7. Kebermaknaan
Hasil penilaian harus mempunyai arti dan bermanfaat bagi guru, orang tua, anak didik dan pihak lain

TEHNIK, CARA DAN PROSEDUR PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan berdasarkan gambaran/diskripsi tentang pertumbuhan  perkembangan,serta unjuk kerja peserta didik yang diperoleh dengan menggunakan berbagai teknik penilaian.
Dalam keg pemb sehari hari penggunaan berbagai teknik penilaian ini terintegrasi dg keg pemb itu sendiri, shg guru tidak harus menggunakan instrumen khusus. Untuk anak anak yg menunjukkan perkemb dan perilaku yg khas dan memerlukan penanganan khusus diperlukan instrumen yg khusus pula.
1.    TEKNIK PENILAIAN
                Beberapa teknik penilaian yang bisa dilakukan  di Taman Kanak Kanak diantaranya
  1. Observasi
  2. Catatan anekdot(anecdotal record)
  3. Percakapan
  4. Penugasan
  5. Unjuk kerja
  6. Hasil karya
  7. Portofolio
Catatan Anekdot
cara pengumpulan data melalui pengamatan langsung tentang sikap dan perilaku anak yang muncul secara tiba-tiba (peristiwa yang terjadi secara insidental)
Percakapan
cara pengumpulan data melalui interaksi lisan untuk mendapatkan informasi tentang pengetahuan atau penalaran anak mengenai suatu hal.
Penugasan
cara pengumpulan data berupa pemberian tugas yang harus dikerjakan anak didik dalam waktu tertentu baik secara perorangan maupun kelompok
Unjuk Kerja
cara pengumpulan data yang menuntut anak didik untuk melakukan tugas dalam perbuatan yang dapat diamati, misalnya praktek menyanyi, olah raga, memperagakan sesuatu
2.    Prosedur dan Cara Penilaian
  1. Guru melaksanakan penilaian dengan mengacu pada kompetensi dasar, capaian perkmb serta indkator yg hndk dicapai dlm satu satuan keg yg direncanakan dalam tahapan waktu tertentu dengan memperhatikan prinsip penilaian yang telah ditentukan
  2. Penilaian dilakukan secara integratif dg keg pemb Artinya guru tidak secara khusus melaksanakan penilaian, tetapi menyatu dengan aktifitas pemb dan keg bermain brlngsng.Dlm pelksn penil sehari hri mengacu pd indikator yg diprogramkan dlm RKH
  3. Cara pencatatan hasil penilaian harian    dilaksanakan sebagai      berikut :
1.            Catat hasil penilaian pada kolom penilaian perkembangan anak di RKH
2.            Anak yang belum mencapai indikator yang diharapkan, pada kolom penilaian ditulis nama anak & diberi tanda (0)
3.            Anak yang sudah melebihi indikator dalam RKH, pada kolom penilaian ditulis nama anak & diberi tanda (●)
4.            Jika semua anak menunjukkan kemampuan sesuai dengan indikator dalam RKH, maka kolom penilaian ditulis “semua anak” dengan tanda (√)
Hasil catatan penilaian yang ada dalam RKH dirangkum dan dipindahkan ke dalam format rangkuman penilaian perkembangan anak didik TK
a.            Apabila hasil penilaian perkembangan anak dalam 1 bulan pada RKH cenderung bulatan penuh maka hasil yang dipindahkan bulatan penuh pada rangkuman bulanan.
b.            Apabila hasil penilaian perkembangan anak dalam 1 bulan pada RKH cenderung bulatan kosong, maka hasil yang dipindahkan bulatan kosong pada rangkuman bulanan.
c.             Apabila hasil penilaian perkembangan anak dalam 1 bulan pada RKH cenderung seimbang bulatan & bulatan kosong, maka hasilnya berupa tanda checklist pada rangkuman bulanan
d.            Data dari buku rangkuman selama 1 semester ditambah dg data dr alat penilaian yg lain spt observasi, catatan anekdot, dll dan dianalisis dan disimpulkan untuk menetapkan gambaran perkembangan anak yang dideskripsikan ke dalam laporan penilaian
Catatan :
a.            Hasil catatan penilaian yang ada dalam rencana kegiatan harian  (RKH) dirangkum dan dipindahkan kedalam  format rangkuman penilaian yang mencakup bulanan dan semester
b.            Untuk menunjukkan ketercapaian perkembangan atau indikator, selain menggunakan simbol bulatan dan ceklis, guru dapat menggunakan simbol lain seperti simbol bintang ( « )

PELAPORAN HASIL PENILAIAN
Pengertian Laporan
ž  Merupakan kegiatan mengkomunikasikan dan menjelaskan hasil penilaian guru tentang pertumbuhan dan perkembangan anak.
Catatan :
  1. Hasil catatan penilaian yang ada dalam Satuan Kegiatan Harian (SKH) di rangkum dan dipindahkan ke dalam satu format rangkuman penilaian yang mencangkup bulanan dan semester.
  2. Untuk menunjukkan ketercapaian indikator, selain menggunakan simbol bulatan dan chek list, guru dapat menggunakan simbol lain seperti simbol bintang (   )
Bentuk Laporan
Berdasarkan hasil rangkuman perkembangan anak didik setiap penggalan waktu tertentu, penilaian dilaporkan dalam bentuk uraian (deskripsi) singkat dari masing-masing program pengembangan di TK, yaitu :
  1. Program pengembangan pembiasaan.
  2. Program pengembangan kemampuan dasar. Uraian (deskripsi) dirumuskan dan dibuat seobyektif mungkin sehingga tidak menimbulkan persepsi yangsalah bagi orang tua /wali atau bagi yang berkepentingan dalam bentuk Laporan Perkembangan Anak Didik TK.
Pola Penulisan Laporan
ž  Mengikuti kriteria sbb :
  1. Uraian perkembangan secara umum.
  2. Uraian perkembangan kemampuan anak yang menonjol atau lebih pada semua aspek perkembangan.
  3. Uraian perkembangan kemampuan anak yang masih perlu ditingkatkan pada aspek perkembangan anak.
Teknik Melaporkan Hasil Penilaian
ž  Laporan Perkembangan Anak Didik TK dilaporkan oleh kepala/guru TK secara lisan dan tertulis. Cara yang ditempuh dapat dilaksanakan dengan bertatap muka serta dimungkinkan adanya hubungan dan informasi timbal balik antara pihak TK dan orang tua/wali. Hal yang perlu diingat dalam pelaksanaan kegiatan ini hendaknya menjaga kerahasiaan data/informasi.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar