PENILAIAN DI TK
PENGERTIAN
Penilaian adalah proses
pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian perkembangan anak ( Permendiknas No 58 2009 )
Pengukuran lebih mengarah pada upaya
mengetahui perkemb dengan cara mengukur yg bersifat kuantitatif
Asesmen bukan untuk menget
hasil belajar anak, tapi untuk merancang menu pemb yg dibutuhkan sesuai tahapan
perkemb dan kebutuhannya.
TUJUAN PENILAIAN
Tujuan
penilaian adalah untuk mengetahui dan menindaklanjuti pertumbuhan dan
perkembangan yang dicapai peserta didik selama mengikuti pendidikan di TK
Fungsi Penilaian
1.
Memberikan umpan balik kepada guru untuk menyempurnakan pembelajaran
2.
Sebagai bahan Pertimbangan bagi guru untuk membimbing Perkembangan
secara optimal
3. Sabagai bahan Pertimbangan bagi Guru untuk melakukan kegiatan bimbingan terhadap Anak
didik yang memerlukan perhatian
khusus
4. Sebagai bahan
Pertimbangan
bagi Guru untuk menempatkan anak dalam kegiatan yang sesuai
dengan Minat & kebutuhan
5.
Memberikan informasi kepada orang tua tentang Perkembangan yang telah dicapai oleh anak
Didik sebagai bentuk pertanggung
jawaban
6. Sebagai informsi kepada orang tua untuk menyesuaikan Pendidikan Kelurga dengan proses
pembelajaran di TK
7. Sebagai bahan masukan bagi berbagai pihak dalam rangka Pembinaan terhadap anak didik
LINGKUP PENILAIAN
SELURUH
ASPEK PERKEMBANGAN ANAK :
•
NILAI-NILAI AGAMA & MORAL
•
MOTORIK
•
KOGNITIF
•
BAHASA
•
SOSIAL EMOSI
Prinsip
–prinsip Penilaian
1. Terencana
Penilaian
dilakukan secara terencana sesuai dengan aspek perkembangan yang akan dinilai
2. Sistematis
Penilaian
dilakukan secara teratur dan terprogram
3. Menyeluruh
Penilaian
mencakup semua aspek perkembangan yg meliputi nilai nilai agama dan moral
motorik,
kognitif,
bahasa serta sosial emosional.
4. Berkesinambungan
Penilaian
dilakukan secara terencana, bertahap dan terus menerus untuk
memperoleh gambaran tentang pertumbuhan
dan perkembangan peserta didik.
5. Objektif
Penilaian
dilaksanakan terhadap semua aspek perkembangan sebagaimana adanya
6. Mendidik
Proses dan
hasil penilaian dapat dijadikan dasar untuk memotivasi dan mengembangkan anak
didik secara optimal
7. Kebermaknaan
Hasil
penilaian harus mempunyai arti dan bermanfaat bagi guru, orang tua, anak didik
dan pihak lain
TEHNIK, CARA
DAN PROSEDUR PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan berdasarkan gambaran/diskripsi tentang pertumbuhan perkembangan,serta unjuk kerja peserta didik
yang diperoleh dengan menggunakan berbagai teknik penilaian.
Dalam keg
pemb sehari hari penggunaan berbagai teknik penilaian ini terintegrasi dg keg
pemb itu sendiri, shg guru tidak harus menggunakan instrumen khusus. Untuk anak
anak yg menunjukkan perkemb dan perilaku yg khas dan memerlukan penanganan
khusus diperlukan instrumen yg khusus pula.
1. TEKNIK PENILAIAN
Beberapa teknik penilaian yang
bisa dilakukan di Taman Kanak Kanak diantaranya
- Observasi
- Catatan anekdot(anecdotal record)
- Percakapan
- Penugasan
- Unjuk kerja
- Hasil karya
- Portofolio
Catatan Anekdot
cara pengumpulan data melalui pengamatan langsung tentang sikap dan perilaku anak yang muncul secara tiba-tiba (peristiwa yang terjadi secara insidental)
cara pengumpulan data melalui pengamatan langsung tentang sikap dan perilaku anak yang muncul secara tiba-tiba (peristiwa yang terjadi secara insidental)
Percakapan
cara pengumpulan data melalui interaksi lisan untuk mendapatkan informasi tentang pengetahuan atau penalaran anak mengenai suatu hal.
cara pengumpulan data melalui interaksi lisan untuk mendapatkan informasi tentang pengetahuan atau penalaran anak mengenai suatu hal.
Penugasan
cara pengumpulan data berupa pemberian tugas yang harus dikerjakan anak didik dalam waktu tertentu baik secara perorangan maupun kelompok
cara pengumpulan data berupa pemberian tugas yang harus dikerjakan anak didik dalam waktu tertentu baik secara perorangan maupun kelompok
Unjuk Kerja
cara pengumpulan data yang menuntut anak didik untuk melakukan tugas dalam perbuatan yang dapat diamati, misalnya praktek menyanyi, olah raga, memperagakan sesuatu
cara pengumpulan data yang menuntut anak didik untuk melakukan tugas dalam perbuatan yang dapat diamati, misalnya praktek menyanyi, olah raga, memperagakan sesuatu
2. Prosedur dan Cara Penilaian
- Guru melaksanakan penilaian dengan mengacu pada kompetensi dasar, capaian perkmb serta indkator yg hndk dicapai dlm satu satuan keg yg direncanakan dalam tahapan waktu tertentu dengan memperhatikan prinsip penilaian yang telah ditentukan
- Penilaian dilakukan secara integratif dg keg pemb Artinya guru tidak secara khusus melaksanakan penilaian, tetapi menyatu dengan aktifitas pemb dan keg bermain brlngsng.Dlm pelksn penil sehari hri mengacu pd indikator yg diprogramkan dlm RKH
- Cara pencatatan hasil penilaian harian dilaksanakan sebagai berikut :
1. Catat
hasil penilaian pada kolom penilaian perkembangan anak di RKH
2. Anak
yang belum mencapai indikator yang diharapkan, pada kolom penilaian ditulis
nama anak & diberi tanda (0)
3. Anak
yang sudah melebihi indikator dalam RKH, pada kolom penilaian ditulis nama anak
& diberi tanda (●)
4. Jika
semua anak menunjukkan kemampuan sesuai dengan indikator dalam RKH, maka kolom
penilaian ditulis “semua anak” dengan tanda (√)
Hasil
catatan penilaian yang ada dalam RKH dirangkum dan dipindahkan ke dalam format
rangkuman penilaian perkembangan anak didik TK
a. Apabila hasil penilaian perkembangan
anak dalam 1 bulan pada RKH cenderung bulatan penuh maka hasil yang dipindahkan
bulatan penuh pada rangkuman bulanan.
b. Apabila hasil penilaian perkembangan
anak dalam 1 bulan pada RKH cenderung bulatan kosong, maka hasil yang dipindahkan
bulatan kosong pada rangkuman bulanan.
c. Apabila hasil penilaian
perkembangan anak dalam 1 bulan pada RKH cenderung seimbang bulatan &
bulatan kosong, maka hasilnya berupa tanda checklist pada rangkuman bulanan
d. Data dari buku rangkuman selama 1
semester ditambah dg data dr alat penilaian yg lain spt observasi, catatan
anekdot, dll dan dianalisis dan disimpulkan untuk menetapkan gambaran
perkembangan anak yang dideskripsikan ke dalam laporan penilaian
Catatan :
a. Hasil catatan penilaian yang ada dalam rencana
kegiatan harian (RKH) dirangkum dan
dipindahkan kedalam format rangkuman
penilaian yang mencakup bulanan dan semester
b. Untuk menunjukkan ketercapaian
perkembangan atau indikator, selain menggunakan simbol bulatan dan ceklis, guru
dapat menggunakan simbol lain seperti simbol bintang ( « )
PELAPORAN HASIL PENILAIAN
Pengertian Laporan
Merupakan kegiatan mengkomunikasikan
dan menjelaskan hasil penilaian guru tentang pertumbuhan dan perkembangan anak.
Catatan :
- Hasil catatan penilaian yang ada dalam Satuan Kegiatan Harian (SKH) di rangkum dan dipindahkan ke dalam satu format rangkuman penilaian yang mencangkup bulanan dan semester.
- Untuk menunjukkan ketercapaian indikator, selain menggunakan simbol bulatan dan chek list, guru dapat menggunakan simbol lain seperti simbol bintang ( )
Bentuk
Laporan
Berdasarkan
hasil rangkuman perkembangan anak didik setiap penggalan waktu tertentu,
penilaian dilaporkan dalam bentuk uraian (deskripsi) singkat dari masing-masing
program pengembangan di TK, yaitu :
- Program pengembangan pembiasaan.
- Program pengembangan kemampuan dasar. Uraian (deskripsi) dirumuskan dan dibuat seobyektif mungkin sehingga tidak menimbulkan persepsi yangsalah bagi orang tua /wali atau bagi yang berkepentingan dalam bentuk Laporan Perkembangan Anak Didik TK.
Pola
Penulisan Laporan
Mengikuti kriteria sbb :
- Uraian perkembangan secara umum.
- Uraian perkembangan kemampuan anak yang menonjol atau lebih pada semua aspek perkembangan.
- Uraian perkembangan kemampuan anak yang masih perlu ditingkatkan pada aspek perkembangan anak.
Teknik
Melaporkan Hasil Penilaian
Laporan Perkembangan Anak Didik TK
dilaporkan oleh kepala/guru TK secara lisan dan tertulis. Cara yang ditempuh
dapat dilaksanakan dengan bertatap muka serta dimungkinkan adanya hubungan dan
informasi timbal balik antara pihak TK dan orang tua/wali. Hal yang perlu
diingat dalam pelaksanaan kegiatan ini hendaknya menjaga kerahasiaan
data/informasi.
judul buku referensinya apa ???
BalasHapus