PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI ( AUD )
Pengertian Karakter :
1.
Karakter adalah tabiat atau kebiasaan untuk
melakukan hal yang baik.
2.
Nilai-nilaikarakteradalahsikapdanperilakuyangdidasarkan
pada norma dan nilai yang berlaku di masyarakat, yang mencakup aspek spiritual,
aspek personal/kepribadian,
aspek sosial, dan aspek lingkungan
3.
Pendidikan karakter adalah upaya penanaman
nilai-nilai karakter kepada anak didik yang meliputi pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan
nilai-nilai kebaikan dan kebajikan, kepada Tuhan YME, diri sendiri, sesama,
lingkungan maupun
kebangsaan agar menjadi manusia yang
berakhlak
Tujuan
khusus
a. Meningkatkan pengetahuan &
pemahaman tenaga
kependidikan, pendidik, pengasuh, dan
orang tua
tentang nilai-nilai karakter
b. Meningkatkan keterampitan .tellgga
kependidikan,
pendidik pengasuh dan orang-tua mengenai
cara
menanamkan nilai-nilai karakter
c. Meningkatkan keterampilan tenaga
kependidikan,
pendidik, pengasuh dan orang tua
mengenai cara
penilaian terhadap nilai-nilai karakter
Sasaran
Sasaran
atau pengguna pedoman penanaman nilai-nilai karakter di PAUD meliputi:
1. Tenaga Kependidikan Lembaga PAUD
2. Pendidik atau Guru anak usia dini
3. Pengasuh anak usia dini
4. Orang tua.
LANDASAN HUKUM
1. Undang-Undang
Nomor 23 Perlindungan Anak.
2. .Undang-Undang
Nomor 4 Kesejahteraan Anak.
3. Undang-Undang
Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
4. Peraturan
Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
5. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58
tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
ASPEK
PENDIDIKAN KARAKTER PAUD
Nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat
ditanamkan pada anak usia dini (0-6 tahun), mencakup empat aspek,yaitu:
1.
Aspek
Spiritual,
2.
Aspek
personal/kepribadian,
3.
Aspek Sosial, dan
4.
Aspek tingkungan.
Prinsip-prinsip pendidikan karakter
- Melalui contoh dan keteladanan
- Dilakukan secara berkelanjutan
- Menyeluruh, terintegrasi dalam seluruh aspek perkembangan
- Menciptakan suasana kasih sayang
- Aktif memotivasi anak
- Melibatkan pendidik dan tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
- Adanya penilaian
Kriteria
Pendidik dan Tenaga Kependidikan Lembaga PAUD
Untuk melaksanakan pendidikan karakter ada beberapa prasyarat
yang harus dimiliki seorang guru pendidik karakter yaitu:
- Pendidik menjadikan dirinya sebagai figur teladan yang berakhlak mulia, antara lain berbuat baik, santun, berprasangka baik, dan memiliki semangat.
- Pendidik mengutamakan tujuan pengembangan karakter anak didiknya dalam penerapan proses pendidikan.
- Pendidik senantiasa mengadakan dialog terbuka secara bijak tentang isu-isu moral dengan anak didiknya, tentang bagaimana seharusnya menjalankan hidup, serta menjelaskan apa yang baik dan apa yang buruk.
- Pendidik menumbuhkan rasa empati anak, yaitu dengan mengajak anak merasakan apa yang dirasakan orang ' lain.
- Pendidikmengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam berbagai aktivitas pembelajaran.
- Pendidik menciptakan suasan lingkungan yang mendukung
- Pendidik membangun serangkaian aktivitas penerapan nilai-nilai karakter di rumah, di lembaga PAUD, dan di masyarakat sekitarnya.
PENERAPAN
PENDIDIKAN KARAKTER PADA PAUD
Penerapan pendidikan karakter pada paud :
- Perencanaan
- Pelaksanaan
- Penilaian
Perencanaan
- Mengenal dan memahami anak seutuhnya sesuai dengan tahapan perkembangan dan karakteristiknya, seperti:
•
anak
sebagai peneliti ulung,
•
aktif
gerak,
•
pantang
menyerah,
•
maju tak
pernah putus asa,
•
terbuka,
•
bersahabat, dan
•
tak
membedakan.
2. Nilai-nilai pendidikan karakter diterapkan menyatu dengan
kegiatan inti proses belajar mengajar yang dilakukan dengan cara:
a. Memilih nilai-nilai karakter yang sesuai dengan tema dan
judul kegiatan pembelajaran.
b. Menentukan indikator perkembangan nilai-nilai karakter,
sesuai dengan tahap perkembangan anak
c.Menentukan jenis dan tahapan kegiatan yang akan
dilaksanakan
Pelaksanaan
1. Kegiatan terprogram antara lain:
a. Menggali pemahaman anak untuk tiap-tiap nilaikarakter.
Kegiatan inibisa dilakukan melalui bercerita dan dialog yang
dipandu oleh guru.
Misalnya untuk tema tanaman, guru dapat mengajukan
pertanyaan terbuka tentang karakter yang bertanggung jawab dalam memelihara
tanaman
b. Membangun penghayatan anak dengan melibatkan
emosinya untuk menyadari pentingnya menerapkan nilai karakter (bertanggung
jawab) Mengajak anak untuk bersama-sama
melakukan nilai-nilai karakter yang diceritakan.
2. Kegiatan
pembiasaan dilakukan melalui:
a. Kegiatan rutin lembaga PAUD, yaitu kegiatan yang dilakukan di lembaga PAUD secara terus
menerus dan konsisten setiap saat
b. Kegiatan spontan, yaitu kegiatan yang dilakukan secara langsung atau spontan pada saat itu
juga
c. Keteladanan, yaitu kegiatan yang dapat ditiru dan dijadikan panutan.
d. Pengkondisian, yaitu situasi dan kondisi lembaga PAUD sebagai pendukung kegiatan pendidikan
karakter
e. Budaya lembaga PAUD, mencakup suasana kehidupan di lembaga pAUD yang mencerminkan
komunikasiyang efektif dan produktif yang
mengarah pada perbuatan baik dan interaksi
sesamanya dengan sopan dan santun, kebersamaan, dan
penuh
PENILAIAN
Tujuan penilaian adalah untuk mengetahui sejauh mana
perubahan sikap dan prilaku
anak-anak setelah
mengikuti kegiatan di lembaga PAUD yang sarat dengan nilai nilai karakter.
Nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter pada PAUD
RELIGIUS
•
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan.
•
Belajar praktek kegiatan keagamaan (Hari Jum’at).
•
Pengumpulan dan pembagian Zakat fitrah (BIn
Ramadhan)
•
Pelaksanaan Kegiatan Qurban (Bulan Dzulhijah).
•
Menyantuni anak yatim (Bulan Muharom )
JUJUR
•
Melatih kejujuran / kotak temuan
•
Memberikan
uang sekolah / tabungan kepada guru secara utuh
•
Menyampaikan
pesan dengan baik dan benar
TOLERANSI
•
Berbicara
pelan di dalam kelas
•
Menggunakan alat permainan secara bergantian
•
Saling membantu
•
Mau berbagi
•
Mau mendengarkan orang lain berbicara
•
Sabar menunggu giliran
•
Mau mengalah
DISIPLIN
A.Datang tepat waktu
- Jika terlambat melapor pada guru
- Jika berhalangan datang memberi tahu
- Mengembalikan alat/mainan setelah digunakan
- Memakai seragam sesuai jadwal
- Membawa bekal sesuai jadwal
- Tidak membawa uang selain untuk keperluan sekolah
- Membayar uang sekolah paling lambat tanggal 10 setiap bulannya
KERJA KERAS
•
Mengadakan kegiatan; lomba padi jeda semester,PHBN.
•
Menjadi petugas upacara
•
Memimpin doa
•
Membahas hasil karya pada akhir kegiatan
•
KREATIFITAS
·
Melukis dengan berbagai media
- Melipat,meronce,menganyam
- Membuat aneka mainan cari bahan bekas
·
MANDIRI
- Masuk kelas sendiri
- Melepas dan memakai sepatu sendiri
- Melepas dan memakai baju sendiri
- Mengambil alat sendiri
- Makan sendiri
- BAK sendiri
DEMOKRATIS
•
Berani mengungkapkan penaffiaan
•
Mengambil keputusan bersama
•
Bekerjasama
•
Memilih kegiatan yang disenangi
RASA
INGIN TAHU
•
Berani bertanya
•
Bereksperimen
SEMANGAT
KEBANGSAAN
•
Melaksanakan upacara bendera setiap hari
Senin
•
Mengibarkan bendera di halaman sekolah setiap
hari
•
Memasang simbul-simbul kenegaraan
•
Memutar lagu-lagu kebangsaan
•
Memutar lagu-lagu dolanan Jawa
•
Memasang bendera merah putih kecil di meja guru setiap kelas
•
Memajang foto pahlawan
CINTA TANAH AIR
•
Setiap Kamis berbahasa Jawa
•
Bermain Angklung
•
Mengenal makanan khas Semarang (wingko babat, lompia, bandeng presto) melalui kegiatan makan bersama
MENGHARGAI PRESTASI
•
Memasang hasil karya anak
•
Memberi reward untuk anak yang dapat menyelesaikan tugas clengan baik dan cepat
•
Memberi
Pin Garuda pada anak yang datang
pertama
BERSAHABAT/ BERKOMUNIKASI
•
Berbicara
dengan teman dan guru
•
Memberi salam
•
Bersikap ramah
•
Tidak mengganggu teman
•
Berbagi
pengalaman melalui bercerita
CINTA
DAMAI
•
Mau
membantu dan tolong menolong
•
Saling menyayangi
•
Tanggung Jawab
•
Menyanyikan lagu yang berisi kasih sayang
GEMAR
MEMBACA
•
Memasang Area Bahasa
•
Mengunjungi Perpustakaan Sekolah
•
Menyediakan bermacam-macam buku cerita
•
Mengenal huruf dengan kartu huruf
•
Memasang gambar yang ada tulisannya
•
Mengenal tulisan melalui kegiatan
•
Pesona pagi
PEDULI
LINGKUNGAN
•
Menyediakan tempat sampah
•
Mernbuang sampah pada tempatnya
•
Kerja
bakti setiap hari Jum'at
•
Merawat tanaman
PEDULI
SOSIAL
•
Memberikan sebagian bekal pada teman yang
tidak membawa
•
lnfaq setiap hari Jum'at
•
Mengikuti Program Gemar Sedekah
•
Menyantuni anak yatim
•
Membantu masyarakat yang kena musibah
TANGGUNG JAWAB
•
Melaksanakan
tugas sampai selesai
•
Menyiram bunga
•
Mengembalikan
alat setelah digunakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar